UTS - Sistem Pakar

Nama  : Izma Alhudya Ahmad
NIM   : 15110362

Soal
1.     Apa itu sistem pakar? Jelaskan !
2. Berikan 2 contoh aplikasi sistem pakar yang sudah ada ! Jelaskan fungsi dan kegunaannya !

Jawab
1.     Sistem pakar adalah bagian dari Kecerdasan Buatan yang berisi kombinasi pemahaman teoritis tentang suatu persoalan dan sekumpulan aturan pemecahan persoalan heuristic yang dikembangkan oleh manusia untuk dapat memecahkan problema pada suatu domain yang spesifik.
Sistem pakar sendiri merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah yang biasanya diselesaikan oleh seorang pakar. Aturan-aturan di dalamnya memberitahu program bagaimana ia memberlakukan informasi-informasi yang tersimpan. Berdasarkan itu program memberikan solusi-solusi atau bantuan pengambilan keputusan mengenai permasalahan tertentu, mirip dengan saran seorang pakar.
2.    Contoh Aplikasi Sistem Pakar :
a.     Sistem Pakar Dalam Perancangan PRIDE (Pinch Roll Interactive Design Expert/ Environment). Sistem pakar ini digunakan untuk merancang system pengaturan kertas untuk mesin fotocopy. Sistem ini membuat rancangan dengan representasi pengetahuan tentang rancangan berdasarkan kumpulan goal, metoda perancangan, generator dan aturan-aturan yang terstruktur.

b.    Master Production Scheduling Aplication (MPS). Sistem pakar ini dikembangkan untuk melakukan penjadwalan produksi master untuk manufaktur Integrated Circuit (IC). Master Production Scheduling (MPS) merupakan aktivitas perencanaan yang sangat luas, yang mengatur dan mengkoordinasi fase-fase berurutan proses penjadwalan manufaktur tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

Kagamine Rin Len Playlist


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com